Tips Sehat Berwisata KulinerWisata kuliner saat melancong semakin diminati. Minat muncul karea selain melihat berbagai destinasi wisata di daerah juga merasakan kuliner di daerah itu. Hanya sekali saja salah ketika menjalani wisata kuliner, bisa jadi semua agenda perjalananmu kacau.

Kalau sudah sakit perut atau alergi kambuh karena makanan tertentu, maka kamu tak bisa leluasa bepergian dan menderita di tempat asing. Sebab itu, penting untuk memperhatikan apa yang disantap saat wisata kuliner. mengingatkan agar selalu memperhatikan higienitas setiap makanan dan minuman yang akan dikonsumsi.

Karena itu, Menjaga kesehatan tubuh dengan kuliner yang sehat ketika melakukan liburan tetap sehat itu, sangatlah penting. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan menjaga makanan yang masuk ke tubuh dengan menu makanan yang sehat. Namun kita perlu memperhatikan juga beberapa tips sehat wisata kuliner, seperti dikutip tipsjalan.com, antara lain:

# Cari Info Tempat Wisata Kuliner Yang Menarik

Memang kegiatan wisata kuliner terlihat sederhana dan mudah dilakukan. Namun sebelum Anda meneruskan hobi wiskul tersebut Anda harus memperhatikan tips kuliner sehat yang pertama yaitu mencari informasi wisata kuliner yang sehat dan menarik. Informasi tempat wisata kuliner dari mulut ke mulut merupakan salah satu referensi wiskul yang baik sebelum mencoba menu makanan baru dan di tempat baru. Di era saat ini, Anda juga sudah dengan mudah untuk mencari info wisata kuliner dengan menggunakan media internet.

# Perhatikan Kebersihan Makanan dan Tempat Kuliner

Pilihlah tempat makan yang bersih dan higienis, lengkap dengan kamar mandi dan wastafel bagi para pengunjung. Tempat wisata kuliner yang bersih dan lengkap seperti itu sudah pasti bisa menunjukkan bahwa pemilik atau pelayan yang bekerja di tempat tersebut telah terbiasa hidup bersih dan memperhatikan kesehatan. Sehingga untuk menu makanan pun bisa dipastikan akan terjaga dan cara pengolahan makanan pun dilakukan dengan bersih pula. Dengan seperti itu, kita bisa lebih nyaman saat menikmati kuliner. Kita sendiri juga harus bisa menjaga kebersihan. Salah satunya yaitu dengan cuci tangan sebelum makan di tempat yang telah disediakan.

# Perhatikan Jam Makan

Perhatikan kapan waktu yang tepat untuk makan makanan ringan atau berat. Jangan menyantap makan porsi besar menjelang malam karena proses pencernaan makanan pada malam hari metabolismenya tidak maksimal seperti pada siang hari. Akibat wisata kuliner pada malam hari dengan makan berat akan menumpuk pada lambung karena organ lambung pun beristirahat, dan bisa menyebabkan kita malas untuk bangun keesokan harinya.

# Perhatikan Jumlah Pengunjung

Jumlah pengunjung atau pembeli ini bisa dijadikan salah satu tanda bahwa tempat kuliner tersebut masakan nya selalu baru dan cepat habis. Karena rumah makan yang sepi pengunjung terkadang terpaksa menghangatkan sisa makanan dan dijual kembali. Jika yang dihangatkan berkali – kali masakan bersantan, maka bisa menumpuk kolesterol dalam tubuh. Belum lagi jika ada makanan berjamur dan bau, lebih baik relakan saja uangnya dan pindah tempat cari menu yang baru. Selain itu, rumah makan yang selalu ramai juga ada kemungkinana antara makanannya enak dan atau harga makannya murah.

Tips Sehat Berwisata Kuliner# Pilih Menu Makanan Sehat

Pilih menu makan yang bergizi dan sehat, bukan berarti harus menghindari makanan tertentu. Tapi pilihlah menu yang lengkap yang dapat memberikan asupan gizi seimbang terhadap tubuh kita. Lengkap maksudnya adalah terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin, lemak dan mineral yang seimbang. Perhatikan juga apakah kita memiliki alergi terhadap jenis makanan tertentu. Jangan karena fotonya yang menarik, kita langsung pesan dan makan tanpa memikirkan efek buruknya terhadap kesehatan. Sebisa mungkin carilah menu dengan sajian yang masih panas atau baru di masak, misalnya nasi goreng, soto panas, sate bakar, bubur panas, ikan bakar dan ikan goreng, cah sayuran segar yang baru ditumis. Penyajian dalam kondisi panas minimal akan mengurangi resiko ada kuman – kuman. Hindari makanan yang terlihat sudah dihangatkan berkali – kali.

#Pilih Jenis Bumbu dan Rasa Makanan Sehat

Jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu, tips wisata kuliner yang sehat satu ini harus Anda perhatikan. Contoh saja ketika Anda pernah sakit maag, hindari masakan pedas dan asam. Jika Anda pernah sakit diabetes, hindari atau kurangi sajian kuliner yang terlalu manis. Dan tips kuliner sehat untuk yang punya atau pernah sakit hipertensi, kurangi atau hindari wisata kuliner dengan rasa yang asin. Ketika melakukan wisata kulinerpun, Anda harus mengenal terlebih dahulu jenis khas bumbu yang digunakan untuk diperhatikan demi kesehatan. Karena setiap daerah ada kekhasan bumbu yang dominan, misalnya masakan Jawa tengah cenderung manis, masakan Padang cenderung pedas asin, masakan Maluku dan Indonesia timur cenderung beraroma rempah.

# Makanan Dikukus Lebih sehat

Makanan yang dikukus atau direbus akan lebih sehat daripada gorengan. Memilih makanan cepat saji memang lebih praktis ketika sedang liburan, tapi itu belum tentu sehat. Karena makanan cepat saji kaya akan lemak dan kalori yang tentu tak baik untuk kesehatan Anda. Anda penyuka minuman es ? Jika iya Anda harus lebih hati-hati jika minum es yang menggunakan es batu atau es cristal, karena dapat berpotensi mengandung kuman. Alasannya kita tidak tahu air untuk membuat es batu tersebut diambil dari mana. Blog tips wisata hemat lebih memberikan tips kuliner sehat, lebih baik minum air mineral kemasan saja. (NDY)

Baca juga: Daftar Restoran Terbaik Di Philipines